Soft Launching magangkerja.net


 


magangkerja.net Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama kemudahan terserapnya lulusan oleh industri, SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo melaksanakan Soft Launching digital platform magangkerja.net.  Digital Platform yang difungsikan untuk mempermudah lulusan untuk mencari kerja ini, launching perdana pada Sabtu, 5 Desember 2020 di Aula Gedung C SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo di Jalan Ki Hajar Dewantara 200, Krian, Sidoarjo. Magangkerja.net ini adalah wujud nyata program pengembangan sekolah SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo yang dibina langsung oleh PSMM FEB UB dibawah ketua kegiatan Dr.Dra Kusuma Ratnawati, MM, CFP. 

magangkerja.net adalah platform khusus pengembangan program sekolah SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo yang merupakan representasi dari BKK dan unit usaha yang fokus pada serapan lulusan SMK agar cepat terserap sesuai kebutuhan industri yang telah bekerja sama.  Dengan fitur-fitur yang  ada di dalamnya digital platform magangkerja.net memudahkan lulusan untuk mengkases informasi lowongan pekerjaan. Adapun fitur-fitur yang ada yaitu Fitur Lowongan Magang berisi lowongan magang kerja baik untuk PKL atau Lulusan, Fitur Teaching Factory berisi program unggulan sekolah yang memperkenalkan dunia industry di dalam sekolah, Fitur News berfungsi take and give sekolah dengan IDUKA, Fitur Mitra IDUKA menampilkan daftar kerjasama dengan IDUKA dari seluruh Indonesia yang telah bekerja sama secara MoU dan MoA, Fitur Testimonial menampilkan feedback IDUKA ke sekolah dari hasil kerjasama, Fitur Video yang menghadirkan content baru berupa liputan acara, company profile IDUKA, ajang advertorial, dan personal branding sekolah atau sekolah jejaring,  Fitur Agenda yang merupakan media sosialisasi agenda kegiatan dari Sekolah Jejaring, Mitra IDUKA, magangkerja.net juga memiliki fasilitas pendidikan pelatihan dengan platform tempatkursus.id yang telah terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja RI sebagai Learning Management System kursus gratis untuk sekolah jejaring dan IDUKA, dan TEFA SKAMEDIS adalah fitur yang menghubungkan dengan website Teaching Factory SMK Mitra sehat Mandiri Sidoarjo yang saat ini menjual produk-produk minuman Teh dan Kopi herbal hasil Produk Pengembangan Kewirausahaan.  



Acara  Soft Launching digital platform magangkerja.net ditandai dengan pengaktifan secara resmi oleh Anggota DPRD Sidoarjo H. Pujiono dan Chief Executive Officer (CEO) magangkerja.net yang juga merupakan Kepala SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Bapak Apt. Andri Priyoherianto, S.Farm., M.Si Soft launching ini sendiri diselenggarakan dengan metode Online dan Offline dan undangan yang hadir secara  langsung diikat dalam prosedur  protokol kesehatan yang ketat oleh magangkerja.net. Soft launching ini di rangkai dengan paparan capaian kompetensi, kesan IDUKA yang selama ini telah menyerap lulusan SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, dan Penandatanganan komitmen bersama IDUKA untuk menyerap lulusan sesuai kebutuhan dan kompetensi yang diinginkan IDUKA.  Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, SMK Jejaring Kerja, dan Industri Usaha Kerja (IDUKA) diantaranya PT Jayamas Medica Industri (Onemed), PT Erlimpex, PT Kimia Farma, PT Sinergis, CV Green Life tirta Sentosa, RSIA Kirana, Apotek K24, Griya Sehat Home Care, Klinik Faizah, LPK Mitra Sejahtera, Fuji Academy, turut hadir juga organisasi profesi diantaranya PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kab. Sidoarjo, PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Cabang Sidoarjo, ILKI (Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia) Jawa Timur, dan Gakeslab (Gabungan Perusahaan Alat-alat Kesehatan dan Laboratorium) Jawa Timur adalah stakeholder yang mendukung launching magangkerja.net secara langsung . Serta Beberapa perusahaan pelayaran yang hadir juga melaksanakan penandatangan nota kerjasama (MoU) dengan SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, diantaranya PT Gerbang Samudera Sarana, PT Jembatan Nusantara, PT Pelindo  Marine Service, dan PT Cahaya Makmur.

Hadirnya digital platform magangkerja.net ini, diharapkan bisa secara maksimal memfasilitasi lulusan dari SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, SMK Jejaring, dan lulusan-lulusan SMK lainnya di Indonesia untuk segera bekerja sesuai kompetensinya. Target besar sebanyak 2000 perusahaan yang bekerjasama di seluruh dunia akan mempercepat serapan lulusan sehingga pendapat bahwa SMK adalah penyumbang terbesar pengangguran dapat dipatahkan. Menjadikan magangkerja.net sebuah portal digital yang mampu menjembatani semua kabutuhan pendidikan vokasi dan IDUKA menjadi tantangan sendiri untuk Deddy Rusdiana, S.Si., MH, C.Ht., selaku Chief Technologi Officer (CTO) magangkerja.net untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik dan bermanfaat (dru)