DIKLAT SERTIFIKAT RENANG UNTUK TARUNA NAUTIKA, SMK MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO GANDENG KONI


 



Sertifikasi Kompetensi bagi peserta didik sepertinya memang menjadi program prioritas bagi SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo untuk membekali para lulusannya. Seperti Diklat kali ini, sekolah memberikan Diklat Renang kepada peserta didik kelas XII Jurusan Nautika Kapal Niaga dengan mendatangkan penguji dari KONI.

 

Sertifikat renang yang diikuti oleh 32 peserta didik Jurusan Nautika Kapal Niaga dilaksanakan pada tanggal 22 April 2021. Bertempat di Kolam Renang Rahayu Park Prambon, Sidoarjo. Peserta diklat diuji dengan berbagai kemampuan berenang diantaranya gaya bebas (freestyle), gaya punggung (backstroke), gaya dada, dan gaya kupu-kupu.

 

Program sertifikasi renang ini bertujuan untuk memberikan bekal dan pengakuan dalam kompetensi renang kepada lulusan SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo khusunya jurusan pelayaran, sehingga kelak dapat mendukung kompetensinya saat memasuki dunia pekerjaan baik di dalam pelayaran, pendaftaran TNI-POLRI, PNS, dan lain sebagainya.

 

“Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari, tetapi dalam prosesnya renang adalah salah satu ekstra wajib bagi jurusan Nautika Kapal Niaga. Mereka setelah lulus akan bekerja dikapal yang dimana berada di lautan akan sangat penting sekali membekali mereka dengan kemampuan berenang yang dimana bisa menyelamatkan mereka jika berada pada saat keadaan yang genting”. Ujar Is Irwan Yulianto, S.Pd., guru sekaligus pelatih ekstra renang .

 

Pada kesempatan diklat ini, kami Sidoarjo Training Center dan SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo menggandeng KONI dalam pelaksanaan Diklat Renang ini, Tujuannya adalah anak-anak benar-benar mendapatkan pengakuan secara sertifikasi oleh atlit renang dari KONI sehingga sertfikasi mereka mempunyai nilai dan guna di masa depan. Pelatihan ini tidak hanya saat ini saja, kedepan akan terus dilaksanakan dan diperbaiki untuk lebih baik lagi, kata Sendriani Eko Wati, ANT-III. Kepala Program Keahlian Nautika SMK Mitar Sehat Mandiri Sidoarjo.