TAMBAHAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK: SMK MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO SELENGGARAKAN PELATIHAN BABY SPA


 

 


SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo mengadakan pelatihan Baby Spa. Tujuannya untuk memberikan kompetensi tambahan kepada peserta didik.

 

Kepala SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Apt. Andri Priyoherianto, S.Farm., M.Si. mengatakan, pelatihan diadakan dua hari. Yakni pada 5-6 April 2021. Pelatihan ini diikuti kelas XII program keahlian Asisten Keperawatan.

 

Dalam acara ini, SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo khusus mengundang trainer Baby Spa dan dengan bekerja sama dengan Sidoarjo Training Center (STC) penyelenggara pelatihan dari Sidoarjo.

 

Andri mengatakan, tujuan diselenggarakan pelatihan baby spa untuk menambah kompetensi dan keterampilan peserta didik kelas XII yang akan lulus tentang baby spa yang berisi perawatan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. ”Salah satu bekal kompetensi  yang bisa berguna serta bermanfaat yakni menangani perawatan bayi atau balita. Sebab bayi atau balita memerlukan perawatan khusus, menyeluruh, dan kasih sayang penuh,” ungkapnya.

Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal dipengaruhi beberapa faktor. Yakni genetik, lingkungan, perilaku, dan stimulan.

 

Dia menambahkan, penanganan secara nonfarmakoligis terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi yang aman yakni dengan baby spa.

 

Menurut Vidia Atika Manggiasih, SST, S.Psi., M.Kes. selaku trainer  baby spa mengatakan bahwa kompetensi pelatihan ini  terdiri dari terapi hidro (berenang) dan juga pijat bayi. Pelatihan pemijatan pada bayi inilah peserta didik kelas XII dapatkan. Apalagi, sekarang banyak orang tua yang baru mempunyai bayi atau balita belum bisa melakukan perawatan tentunya masih minta pertolongan bidan, terapis, dan orang yang bisa untuk memandikannya, ditambah ada pemijatan buat bayi.