KERJA SAMA DENGAN KAMPUNG INGGRIS PARE, SMK MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO GELAR PELATIHAN BAHASA INGGRIS ONLINE





SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo bekerja sama dengan Kampung Inggris (FREE) Pare memberikan pelatihan bahasa Inggris secara daring bagi 145 peserta didik dari kompetensi keahlian Asisten Keperawatan, Teknologi Laboratorium Medik, dan Farmasi Klinis  dan Komunitas

 

Kepala SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo, Apt. Andri Priyoherianto, S.Farm., M.Si.  dalam keterangannya mengatakan masa pandemi COVID-19 berdampak pada pembelajaran peserta didik, walaupun dilaksanakan secara online tetapi mereka sangat perlu diberikan tambahan kemampuan berbahasa Inggris apalagi mengingat kelas XII sudah tidak ada lagi Ujian Nasional bahasa Inggris.

 

Akan tetapi, masa-masa pandemi ini menjadi momentum bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri, terutama dengan mengasah kemampuan berbahasa asing untuk bekal ketika mereka sudah dinyatakan lulus dari sekolah dan sebagai kemampuan penunjang ketika di dunia kerja.

 

“Tuntutan dan ekspektasi terhadap kualitas lulusan dimasa pandemi akan semakin tinggi mengingat proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara online masih banyak ditemui kendala, di mana benar-benar akan diutamakan sebuah kompetensi. Peningkatan kualitas lulusan melalui penguasaan bahasa asing yang baik dan komunikatif dapat menciptakan kesan dan nilai tambah yang menarik bagi lulusan, ini mutlak sangat diperlukan. Pelatihan ini, bertujuan memberikan dan meningkatkan bahasa asing bagi peserta didik kelas XII. Bahasa asing terutama bahasa Inggris, punya peranan penting dalam dunia pekerjaan.” kata Andri.

 

Sementara itu, Direktur Free Englsih Course, Choirur Rozi, M.Pd. mengatakan di era digital ini, bahasa asing memiliki peran yang sangat penting. Selain untuk meningkatkan kompetensi diri, kemampuan berbahasa asing bagi peserta didik SMK dapat membantu mereka memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan dan perkembangan tren pekerjaan melalui dunia digital.

 

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 minggu pada tanggal 19 April sampai dengan 1 Mei 2021, dengan pembelajaran materi melalui Zoom Meeting dengan praktik di akhir secara virtual untuk mengukur capaian pembelajaran. Selama mengikuti rangkaian pelatihan ini, peserta dimonitor dan didampingi oleh para tutor professional.