PELATIHAN TRANSFUSI UNIT BANK DARAH SMK MITRA SEHAT MANDIRI SIDOARJO BERSAMA BDRS RSUD PROF. DR. SOEKANDAR KABUPATEN MOJOKERTO


 







Pelatihan Transfusi Unit Bank Darah yang semula dilaksanakan secara online selesai dilakukan dengan melakukan praktik secara langsung oleh peserta didik SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo kelas XII jurusan Teknologi Labatorium Medik.

Pelatihan ini merupakan kerjasama SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo bersama BDRS RSUD Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto. Peserta dari jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu melaksanakan pelayanan darah sesuai dengan peraturan menteri kesehatan yang berlaku.

“Pelatihan dilakukan selama 3 hari meliputi, proses pembelajaran di dalam kelas secara Online dan praktikum di laboratorium. sebanyak 22 peserta telah mengikuti pelatihan ini. Pelayanan transfusi darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang meliputi perencanaan, pengerahan dan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah, pendistribusian darah, dan tindakan medis pemberian darah kepada pasien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. Hal itu wajib diketahui dan dikuasai oleh lulusan Teknologi Laboratorium Medik”, tutur Aulia Rahmawati, S.Tr-Kes. Kepala Program Keahlian Teknologi Laboratorium Medik SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo.

Seiring dengan dinamika dan tuntutan pelayanan, maka dipandang perlu untuk melakukan Pelatihan Transfusi Unit Bank Darah. Sebagai bentuk hubungan dan kerjasama yang baik antara SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoarjo dengan  BDRS RSUD Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto maka pada tanggal 19 – 20 April 2021, kedua belah pihak bersepakat untuk melaksanakan Pelatihan Transfusi Unit Bank Darah. Dengan dilaksanakan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK Mitra Sehat Mandiri Sidoajo terutama jurusan Teknologi Laboratorium Medik.